Pages

27 Sep 2015

Instalasi serta Fitur Prestashop & PhreedomERP

Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


Instalasi dan Fitur - Fitur Prestashop


Prestashop merupakan salah satu perangkat lunak open source untuk e-commerce, dalam bentuk aplikasi CMS (Content Management System) berbasiskan bahasa pemrograman PHP. Prestashop selalu menawarkan untuk memperoleh siapapun ikut serta di dalam pengembangan Prestashop, mengunduh secara cuma-cuma menyebarluaskan, menggunakannya dan berbagai informasi secara online.

Prestashop mempunyai fitur-fitur menarik pengguna antara lain catalog management, product display, check out, shipping, payment, marketing, SEO (Searching Engine Optimization), Localization and Taxes, Translation, Client Account, Analytic and Reporting, dan Security.Sebelum melakukan instalasi terlebih dahulu persiapkan File Prestashopnya, jika belum memilikinya download prestashop pada web resmi prestashop, klik disini untuk mendownload prestashop


Jika sudah didownload kita tempatkan filenya di folder /var/www


Kita pindah ke direktory /var/www



lihat file prestashopnya dengan perintah # ls



Ekstrak prestashopnya, dengan perintah.



ubah hak aksenya, dengan perintah # chmod -R 777 prestashop





Buka web browser, lalu pada link addres tuliskan "localhost/phpmyadmin", kita buat database dahulu, buat dengan nama prestashop.





Jika kita sudah membuat database, kita ketikkan di link addres "localhost/prestashop", berikut tampilan awal dari prestashop, pada tahap ini kita disuruh memilih bahasa, pilih bahasa sesuai keinginan.



Pada bagian bawah kita centang I agree to the ...... dan I agree to participate...., lalu klik Next.




Secara otomatis prestashop akan mendeteksi paket-paket yang dibutuhkan, bila tercentang semua berarti tidak ada tang salah, langsung saja klik Next.





Pada langkah berikutnya kita masukkan Nama Database , Database login, Database password.



pada bagian bawah masukkan alamat email, ini berguna untuk masuk / login di prestashop ini. lalu klik Next



isi sesuai keinginan anda, baik dari shop name, Main actifity, dll, jika sudah lalu klik next.




Tunggu sampai proses install selesai, jika sudah selesai kita akan disuruh untuk menghapus directory install yang ada di directory /var/www/prestashop, ketikkan seperti dibawah ini.




Setelah dihapus kita coba buka di web browser tuliskan "localhost/prestashop", jika tampilannya seperti dibawah ini, berarti prestashop sudah berhasiol di install.



Agar tidak mudah di bobol orang web prestashop kita, kita rubah nama adminya, misal kita tulis seperti dibawah ini.



Kita login, ketikkan di url web browser, localhost/prestashop/admin234



Berikut tampilan awal untuk settingan prestashop.





Walaupun Prestashop gratis untuk digunakan. Prestashop memiliki fitur-fitur yang cukup mumpuni untuk membuat toko online bisnis Anda. Fitur-fitur prestashop sebagai berikut: 
  • Templatable 
Anda dapat dengan mudah merubah desain atau tampilan antarmuka toko online hanya dengan install template baru atau mengedit source code. 
  • Languages 
PrestaShop diterjemahkan ke dalam 63 bahasa termasuk bahasa Indonesia. 
  • Store Builder 
Anda dapat membuat katalog produk yang akan dijual tanpa batasan. 
  • Shopping Cart 
Memberikan kemudahan pelanggan untuk memesan dan membeli produk di toko online. 
  • Mobile 
PrestaShop mendukung responsive design. Toko Online Anda dapat diakses melalui berbagai platform web browser. 
  • eMarketing 
Mendukung sistem eMarketing untuk mempromosikan dan memanjakan pelanggan untuk selalu belanja di toko online Anda. 
  • Addons 
Mendukung sistem berbasis modules sehingga Anda dapat menambahkan fitur-fitur baru toko online. 
  • SEO Optimised 
Mendukung SEF URL, meta keywords, meta data, dan lain sebagainya untuk mengoptimalkan peringkat toko online Anda di mesin pencari. 
  • Sales Reports 
Dilengkapi dengan brilian sistem analisa dan statistik serta laporan penjualan yang bisa Anda lihat setiap saat. 

Selengkapnya mengenai PrestaShop features bisa anda lihat pada website resmi prestashop disini.


Instalasi dan Fitur -Fitur Phreedom


Phreedom adalah aplikasi open source untuk keperluan Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Cloud Computing. Phreedom merupakan aplikasi yang ditulisan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, sehingga dapat dijalankan di berbagai platform. 

Layanan dan fitur yang disediakan oleh Phreedom diantaranya adalah, accounting berbasis web, manajemen inventory (labor, stok barang/jasa, assemblies/perakitan), akun untuk para vendor dancustomer (pelanggan/konsumen), perbankan, pengiriman (shipping),Point of Sale (kasir), kurs mata uang, pelaporan secara digital, e-commerce, dukungan banyak bahasa, modular architecture untuk kustomisasi, payment gateway, project tracking, serta multi userlevel security.
Phreedom versi terakhir adalah versi 3.5 dan saat ini Project Phreedom sudah digabung dengan Phreebooks dan sudah mencapai versi 3.7 RC 1. Phreedom/Phreebooks dapat diunduh pada halaman ini . Berikut tahap-tahap instalasi Phreedom/Phreebooks.

Langkah pertama adalah pastikan sudah menginstall dan menjalankan XAMPP sebagai server yang digunakan untuk mengakses halaman Phreedom/Phreebooks dalam localhost. Setelah unduh instalasi Phreedom/Phreebooks masukkan file yang sudah di download ke dalam folder xampp\htdocs, dan extract file zip phreebooksR37RC1.zip. dan rename folder dengan nama “phreeboks” agar mudah dalam mengakses alamat localhost.


Buatlah database pada phpMyAdmin http://127.0.0.1/phpmyadmin/ dengan nama database “phreebooks” yang nantinya diperlukan pada saat konfigurasi server Phreedom/Phreebooks.




Pada browser ketikkan alamat http://localhost/phreebooks/install/ maka akan muncul halaman instalasi yang berisi spesifikasi minimum server yang harus dipenuhi dan lisensi GNU GPL. Pilih “Agree” lalu klik continue.




Selanjutnya diarahkan pada halaman pengisian informasi dari perusahaan, server, dan database. Isikan informasi mengenai perusahaan seperti nama perusahaan, username, password, dan email admin. Pada sever information berisi localhost secara default jika anda menginstall local. Lalu database information dapat berisi username dan password untuk mengakses database server dan database name “phreebooks” yang sebelumnya sudah dibuat. Selanjutnya fiscal information adalah keuangan perusahaan anda dihitung dari bulan dan tahun berapa. Setelah memasukkan informasi selanjutnya klik continue dan tunggu beberapa menit proses instalasi terdapat gambar loading yang menandakan proses instalasi berjalan. Maka akan muncul halaman instalasi sukses.




Jika mengalami loading trus atau diarahkan ke blank page maka instalasi tersebut dinyatakan berhasil jika dicek pada database “phreebooks” sudah berisi tabel




Selanjutnya hapus folder “install” dalam folder xampp\htdocs akan diarahkan ke Dashboard dari Phreedom/Phreebooks. Berikut tampilan dashboard Phreedom/Phreebooks




Lalu klik tombol logout dan login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya. Ada banyak menu yang dapat diakses pada Phreedom/Phreebooks yang bertujuan untuk ERP memanagemen Customer, Pegawai, CRM, Inventori, Sales/Invoice, Report, dan masih banyak fitur-fitur dari Phreedom/Phreebooks.






Jika masih bingung dalam menggunakan aplikasi Phreedom/Phreebooks dapat mengakses halaman Help ke alamat ini atau bisa langsung pada setiap fitur/modul yang diberikan




DAFTAR PUSTAKA
[1] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika.
[2] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. E-commerce, E-bussiness dan Mobile Commerce Berbasiskan Opern Source. Bandung: Informatika.

20 Sep 2015

E-Commerce ( Definisi, Komponen, Bentuk-Bentuk, dan E-Commerce Berdasarkan Pelaku)

Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


Definisi E-Commerce

Istilah e-commerce mulai muncul ditahun 1990-an melalui adanya inisiatif untuk mengubah paradigma transaksi jual beli dan pembayaran dari cara konvensional ke dalam bentuk digital elektronik berbasiskan computer dan jaringan internet. Terdapat beberapa buah definisi mengenai e-commerce, seperti berikut :
  1. Kim dan moon di tahun 1998 menyatakan bahwa e-commerce merupakan adalah proses untuk mengantarkan informasi, produk, layanan dan proses pembayaran, melalui kabel telepon, koneksi internet, dan akses digital lainnya.
  2. Baourakis, kourgintakis dan migdalas di tahun 2002 menyatakan bahwa e-commerce merupakan bentuk perdagangan barang dan informasi melalui jaringan internet.
  3. Qualey di tahun 2002, juga tidak mau kalah untuk menambahkan definisi dari e-commerce, e-coomerce didefinisikan sebagai bebagai bentuk pertukaran data elektronik atau electronic data interchange (EDI)  yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, e-mail, perangkat terhubung mobile, di dalam jaringan internet dan intranet.
  4. Chaffey di tahun 2007 menyempurnakan lagi definisi mengenai e-commerce, dengan mempertimbangkan bahwa di tahun 2007 perkenmbangan teknologi computer dan jaringan internet talah menambah perubahan pada e-commerce, dengan munculnya beragam teknologi keamanan, teknologi pembayaran online, perangkat-perangkat mobile, makin banyaknya organisasi dan pengguna yang terhubung ke internet,  dan munculnya berbagai teknologi pengembangan aplikasi berbasis web, sehingga kemudian dibuatlah perbaikan definisi dari e-commerce. E-commerce didefinisikan sebagai semua bentuk proses pertukaran informasi anatara organisasi dan stakeholder berbasiskan media elektronik yang terhubung ke jaringan internet.

Empat Komponen Penting E-Commerce

E-Commerce memiliki alur kegiatan secara umum yang melibatkan empat komponen. Keempat elemen komponen inti itu meliputi:
  1. Penjual, Pihak penjual dapat berupa pemilik toko online bersangkutan atau sejumlah pelaku usaha.
  2. Konsumen, Konsumen merupakan pihak yang memegang peran penting didalam jalannya sebuah E-Commerce. Sebagaimana pasar dan transaksi langsung di dunia nyata, pada E-Commerce konsumen adalah raja.
  3. Teknologi, Teknologi mencakup semua Teknologi Informasi terkini yang digunakan di dalam jalannya E-Commerce. Dimulai dari teknologi web, aplikasi mobile, keamanan transaksi, dukungan Cloud Computing, ERP, CRM, POS, dukungan kurs mata uang dan bahasa seluruh Negara di dunia, Geographic Information System (GIS), Near Field Communication, dan sebagainya.
  4. Jaringan Komputer (Internet), Ketersediaan jaringan khususnya internet yang mampu melayani seluruh pengguna di seluruh dunia. Cukup dengan sebuah komputer dan koneksi internet, siapapun dapat menjadi penjual maupun pembeli serta melakukan transaksi jual beli dengan cepat, mudah, murah dan lebih hemat. Jaringan komputer adalah komponen terpenting.

Bentuk - Bentuk E-Commerce

Sebagaimana dengan di dunia nyata yang mana terdapat pasar tempat bertemunya penjual dan pembeli secara langsung pastinya memiliki bentuk produk dagang yg berbeda, berikut ini adalah bentuk dari E-Commerce berdasarkan bentuk produk yang dijual.
  • E-Commerce Physical Good

Menjual barang/produk fisik adalah salah satu ide produk yang paling banyak dipikirkan orang ketika akan membuka toko online, dan telah menjadi paling besar dari segala bentuk penjualan produk di bisnis online. Meskipun barang/produk fisik adalah ide yang paling populer untuk dijual, tapi hal tersebut juga memiliki sejumlah tantangan seperti letak gudang penyimpanan, pengiriman, jaminan terhadap kerusakan, hingga asuransi.

  • E-Commerce Digital Good

Barang/Produk digital juga merupakan salah satu tipe produk yang populer untuk dijual, karena tipe ini memiliki sejumlah kelebihan, yakni tidak membutuhkan gudang penyimpanan hingga program pengiriman yang biasanya Anda temukan pada tipe produk fisik. Barang/produk digital bisa terdiri dari berbagai macam jenis, antara lain, musik, ebook, video, images/gambar dan software/perangkat lunak. Kelemahan paling besar dalam menjual tipe produk ini adalah resiko pembajakan. Tapi tak perlu khawatir, karena produk digital bisa dijual berulang hingga ribuan kali, dan margin mereka tetap digolongkan terbaik tanpa harus memusingkan manajemen pengiriman dan penyimpanan barang.

  • E-Commerce Service Good

Tipe/jenis produk yang jarang dipilih dalam penjualan online adalah jasa/services. Jasa online bisa dikategorikan dari layanan konsultasi, jasa mendesain situs dan pengembangannya, layanan content writing/editing, dan berbagai pilihan jasa/layanan lainnya. Menjual jasa/layanan secara online, bisa menjadi cara terbaik dalam membangun kredibilitas, tapi kelemahannya ada pada keterbatasan skalabilitas dan waktu.

E-Commerce Berdasarkan Pelaku


E-Commerce dibedakan menjadi tujuh jenis berdasarkan kepada siapa saja pelaku (penjual dan pembeli) yang terlibat di dalamnya, bagaimana interaksi diantara keduanya, serta proses yang terjadi di dalamnya. Berikut merupakan jenis E-Commerce berdasarkan pelakunya.

1. E-Commerce Business to Business(B2B)
menyatakan bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan dua atau beberapa perusahaan dan dilakukan secara elektronis. Dalam hal ini, baik  pembeli maupun penjual adalah sebuah perusahaan dan bukan perorangan.  Biasanya transaksi ini dilakukan karena mereka telah saling mengetahui satu sama lain dan transaksi jual beli tersebut dilakukan untuk menjalin kerjasama antara perusahaan itu, B2B adalah bentuk interaksi E-Commerce secara online yang terjadi antara produsen (perusahaan, industri rumah tangga, penyedia barang dan jasa) dengan distributor (Supplier) dan pengecer.

2. E-Commerce Retail (Business to Customer/B2C)
E-Commerce retail merupakan E-Commerce yang menekankan kepada proses pemesanan, pembelian, dan penjualan jasa atau produk melalui akses internet. B2C dapat diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik di mana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli (consumer). Contoh perusahaan kelas dunia yang telah menerapkan B2C adalah Amazon.com

3. E-Commerce Customer to Business(C2B)
E-Commerce C2B merupakan bentuk yang berkebalikan dengan E-Commerce pada umumnnya, dimana konsumen berperan aktif dengan cara memberitahukan kepada khalayak internet mengenai kebutuhannya , untuk kemudian satu atau beberapa buah perusahaan atau layanan produk dan jasa akan mencoba menawarkan produk dan jasannya, C2B dapat juga diartikan perseorangan yang menjual produk atau jasa kepada suatu perusahaan/organisasi.Perseorangan yang mencari penjual, saling berinteraksi dan menyepakati suatu transaksi

4. E-Commerce Customer to Customer (C2C)
Munculnnya E-Commerce C2C akibat adannya kemajuan teknologi website, sehingga antar pengguna dapat saling berinteraksi satu sama lain dan konten yang disediakan oleh pengguna itu sendiri. Pada E-Commerce C2C tersedia sebuah website e-commerce dimana pengguna dapat menjual produk dan jasa tersebut.

5. E-Commerce Business to Government (B2G)
Pada E-Commerce B2G pemerintah bekerja sama dengan pihak bisnis (perusahaan swasta) dalam bentuk penyediaan regulasi (aturan yang disepakati bersama), penyediaan media untuk aplikasi bagi pemerintah dan dunia bisnis, serta pemberian akreditasi untuk website e-commerce yang digunakan oleh kelompok bisnis untuk kegiatan e-commerce B2G ini.

6. E-Commerce Government to Business (G2B)
E-Commerce G2B merupakan interaksi yang akan melibatkan transakasi penjualan barang, jasa, maupun, keduannya, dalam skala kecil, menengah, hingga skala besar. Perantara untuk hubungan antara pemerintah dengan swasta tersebut adalah melalui website, yang dilakukan secara online dan mobile. Pemerintah menggunakan internet untuk menjual dan membeli dari perusahaan.

7. E-Commerce Government to Citizen (G2C)
E-Commerce G2C merupakan E-Commerce yang melibatkan pemerintah dan masyarakat umum (baik pribadi maupun kelompok, namun bukan dalam bentuk perusahaan). Masyarakat umum dalam hal ini menjadi konsumen dan pemerintah menjadi penjual. Bentuk umum G2C yang sering kita jumpai adalah dalam bentuk e-commerce lelang berbasiskan web dan mobile. Lembaga pemerintah makin banyak yang menggunakan internet untuk menyediakan layanan pada warga.

Instalasi Linux Zorin & Prestashop

Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Instalasi Linux Zorin

Zorin OS adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang dirancang khusus untuk pengguna baru Linux. Memiliki Interface seperti Windows dan banyak program serupa yang terdapat di Windows. Zorin OS juga dilengkapi dengan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna menjalankan banyak program Windows. 





Sebelum melakukan installasi siapkan DVD Zorin OS 6 atau juga bisa menggunakan booting dari flashdisk.



Langkah 1


Masukkan DVD Zorin OS 6 atau tancapkan flashdisk di komputer maupun laptop kemudian atur bootingnya di Settingan BIOS anda.

Langkah 2

Anda disini dapat memilih antara Live System maupun langsung memilih installer.


note : Live System berguna untuk mencoba apakah laptop support atau tidak.

Langkah 3

Disini anda dapat memilih bahasa untuk installasi.


Langkah 4

Pada langkah ini installer akan mengecek system dan melaporkan kepada anda.


Langkah 5

Langkah ini anda diminta untuk memilih tipe installasi.


note : untuk something alse anda dapat mengedit secara manual partisi yang anda inginkan.

Langkah 6

Setelah langkah di atas anda diminta untuk memilih tempat anda tinggal.


Langkah 7

Pilih layout tpye keyboardnya.


Selanjutnya masukkan nama dan password komputer/laptop jika anda memang menginginkannya. Kemudian tunggu proses installasi sampai selesai dan restart laptop/PC anda. Selesai.


Langkah Instalasi Prestashop

Persiapkan dahulu File Prestashopnya, kalau belum memiliki kita download dulu, klik disini untuk mendownload prestashop
Jika sudah didownload kita tempatkan filenya di folder /var/www
 Kita pindah ke direktory /var/www
 lihat file prestashopnya dengan perintah # ls
 Ekstrak prestashopnya, dengan perintah.
ubah hak aksenya, dengan perintah # chmod -R 777 prestashop

Buka web browser, lalu pada link addres tuliskan "localhost/phpmyadmin", kita buat database dahulu, buat dengan nama prestashop.


Jika kita sudah membuat database, kita ketikkan di link addres "localhost/prestashop", berikut tampilan awal dari prestashop, pada tahap ini kita disuruh memilih bahasa, pilih bahasa sesuai keinginan.
Pada bagian bawah kita centang I agree to the ...... dan I agree to participate...., lalu klik Next.

Secara otomatis prestashop akan mendeteksi paket-paket yang dibutuhkan, bila tercentang semua berarti tidak ada tang salah, langsung saja klik Next. 






 Pada langkah berikutnya kita masukkan Nama Database , Database login, Database password.
pada bagian bawah masukkan alamat email, ini berguna untuk masuk / login di prestashop ini.  lalu klik Next
 isi sesuai keinginan anda, baik dari shop name, Main actifity, dll, jika sudah lalu klik next.



Tunggu sampai proses install selesai, jika sudah selesai kita akan disuruh untuk menghapus directory install yang ada di directory /var/www/prestashop, ketikkan seperti dibawah ini.


Setelah dihapus kita coba buka di web browser tuliskan "localhost/prestashop", jika tampilannya seperti dibawah ini, berarti prestashop sudah berhasiol di install.

 Agar tidak mudah di bobol orang web prestashop kita, kita rubah nama adminya, misal kita tulis seperti dibawah ini.

 Kita login, ketikkan di url web browser, localhost/prestashop/admin234

 Berikut tampilan awal untuk settingan prestashop.

14 Sep 2015

Awal Mula Terciptanya Komputer, Sejarah Jaringan Komputer, dan Over The Top Computing

Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Awal Mula Terciptanya Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer :
Hasil gambar untuk computer history
Museum Komputer di California
- Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
     Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Beberapa komputer generasi pertama :
  • ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ), dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
  • EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.
  • EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator ), EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
  • UNIVAC 1 Computer, Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )
    Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. 
- Komputer generasi ketiga (1964 - awal 80 an)
      Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Integrated Circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen–komponen dapat di padatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
- Komputer generasi keempat ( awal 80an – Sekarang )
      Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

- Komputer generasi kelima ( masa depan )
     Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. 

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
      Tahun 1957 Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik. Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, Tahun 1958 dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer. 1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer. Awal 1960-an Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata. Pertengahan 1960-an ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers“, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah. 1965 Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson. 1968 Jaringan Tymnet dibuat. 
      Tahun 1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas. 1972 Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet“ 1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up. 

Over The Top

OTT Service
    Layanan Over-The-Top (disingkat OTT) adalah layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. Bisa dikatakan juga layanan OTT adalah “menumpang” karena sifatnya yang beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi. Beberapa contoh perusahaan yang beroperasi di layanan OTT adalah Facebook, Twitter, Youtube, Viber, dan lain-lain. Perusahaan-perusahaan layanan OTT seperti Whatsapp dan lainnya umumnya tidak memiliki bentuk kerjasama resmi dengan para penyelenggara telekomunikasi. OTT sama sekali tidak bertanggungjawab terhadap kemampuan bandwidth, hak cipta /copyrights maupun redistribusi konten. Sebaliknya mereka bisa mengiklankan atau memperoleh pendapatan berdasarkan iklan atau sisipan iklan terhadap layanan mereka. Inilah yang menyebabkan ketimpangan pendatan antara OTT dan Operator Telekomunikasi.Bisnis OTT dan digital services diprediksi akan menjadi bisnis masa depan. Saat ini bukan lagi memperdebatkan jaringan telekomunikasi apa yang dipergunakan. Akan ada suatu masa, dimana semua orang sudah terhubung dengan jaringan telekomunikasi, dan akan mencapai titik jenuh. Salah satu bukti adalah jenuhnya profit dari SMS dan telepon yang merupakan layanan dasar telekomunikasi. Disaat kondisi tersebut, bisnis OTT akan sangat mengambil peranan.

13 Sep 2015

E-Commerce,Mobile Commerce, dan E-Business

Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

E-Commerce

E-Commerce
Menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faxmail, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di internet, surat obligasi online, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lainnya. Untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:

  • Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama. 
  • Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama. 
  • Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data. 
  • Model yang umum digunakan adalah peer to peer. 
2. Business to Consumer, karakteristiknya:
  • Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula. 
  • Servis yang digunakan juga bersifat umum dan berdasarkan permintaan, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak. 
  • Sering dilakukan sistem client-server.

Mobile Commerce

  M-Commerce/Mobile-Commerce/mCommerce adalah sistem perdagangan elektronik (E-Commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile seperti:telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain lain. Pada saat pengguna komputer berpindah dari satu tempat ke tempat lain pengguna komputer tersebut dapat melakukan transaksi jual beli produk di Internet dengan menggunakan sistem m-commerce ini. Selain m-commerce, istilah lain yang sering dipakai adalah m-bisnis (Mobile Business atau m-business). m-commerce merupakan gabungan dari perdagangan elektronik (e-commerce) dengan mobile computing. Bisa dikatakan bahwa m-commerce ini adalah e-commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel. Seperti halnya e-commerce pada umumnya, penggunaan m-commerce bisa ditransaksikan melalui Internet, jaringan komunikasi pribadi, kartu pintar, dan infrastruktur lainnya.

E-Business

     E-Business atau electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan transaksi. Salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet dan ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM. Ruang lingkup E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. E-commerce merupakan bagian tak terpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce berbeda karena hanya sebatas kegiatan menjual dan membeli produk dalam internet shopping.