Pages

27 Sep 2015

Instalasi serta Fitur Prestashop & PhreedomERP

Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


Instalasi dan Fitur - Fitur Prestashop


Prestashop merupakan salah satu perangkat lunak open source untuk e-commerce, dalam bentuk aplikasi CMS (Content Management System) berbasiskan bahasa pemrograman PHP. Prestashop selalu menawarkan untuk memperoleh siapapun ikut serta di dalam pengembangan Prestashop, mengunduh secara cuma-cuma menyebarluaskan, menggunakannya dan berbagai informasi secara online.

Prestashop mempunyai fitur-fitur menarik pengguna antara lain catalog management, product display, check out, shipping, payment, marketing, SEO (Searching Engine Optimization), Localization and Taxes, Translation, Client Account, Analytic and Reporting, dan Security.Sebelum melakukan instalasi terlebih dahulu persiapkan File Prestashopnya, jika belum memilikinya download prestashop pada web resmi prestashop, klik disini untuk mendownload prestashop


Jika sudah didownload kita tempatkan filenya di folder /var/www


Kita pindah ke direktory /var/www



lihat file prestashopnya dengan perintah # ls



Ekstrak prestashopnya, dengan perintah.



ubah hak aksenya, dengan perintah # chmod -R 777 prestashop





Buka web browser, lalu pada link addres tuliskan "localhost/phpmyadmin", kita buat database dahulu, buat dengan nama prestashop.





Jika kita sudah membuat database, kita ketikkan di link addres "localhost/prestashop", berikut tampilan awal dari prestashop, pada tahap ini kita disuruh memilih bahasa, pilih bahasa sesuai keinginan.



Pada bagian bawah kita centang I agree to the ...... dan I agree to participate...., lalu klik Next.




Secara otomatis prestashop akan mendeteksi paket-paket yang dibutuhkan, bila tercentang semua berarti tidak ada tang salah, langsung saja klik Next.





Pada langkah berikutnya kita masukkan Nama Database , Database login, Database password.



pada bagian bawah masukkan alamat email, ini berguna untuk masuk / login di prestashop ini. lalu klik Next



isi sesuai keinginan anda, baik dari shop name, Main actifity, dll, jika sudah lalu klik next.




Tunggu sampai proses install selesai, jika sudah selesai kita akan disuruh untuk menghapus directory install yang ada di directory /var/www/prestashop, ketikkan seperti dibawah ini.




Setelah dihapus kita coba buka di web browser tuliskan "localhost/prestashop", jika tampilannya seperti dibawah ini, berarti prestashop sudah berhasiol di install.



Agar tidak mudah di bobol orang web prestashop kita, kita rubah nama adminya, misal kita tulis seperti dibawah ini.



Kita login, ketikkan di url web browser, localhost/prestashop/admin234



Berikut tampilan awal untuk settingan prestashop.





Walaupun Prestashop gratis untuk digunakan. Prestashop memiliki fitur-fitur yang cukup mumpuni untuk membuat toko online bisnis Anda. Fitur-fitur prestashop sebagai berikut: 
  • Templatable 
Anda dapat dengan mudah merubah desain atau tampilan antarmuka toko online hanya dengan install template baru atau mengedit source code. 
  • Languages 
PrestaShop diterjemahkan ke dalam 63 bahasa termasuk bahasa Indonesia. 
  • Store Builder 
Anda dapat membuat katalog produk yang akan dijual tanpa batasan. 
  • Shopping Cart 
Memberikan kemudahan pelanggan untuk memesan dan membeli produk di toko online. 
  • Mobile 
PrestaShop mendukung responsive design. Toko Online Anda dapat diakses melalui berbagai platform web browser. 
  • eMarketing 
Mendukung sistem eMarketing untuk mempromosikan dan memanjakan pelanggan untuk selalu belanja di toko online Anda. 
  • Addons 
Mendukung sistem berbasis modules sehingga Anda dapat menambahkan fitur-fitur baru toko online. 
  • SEO Optimised 
Mendukung SEF URL, meta keywords, meta data, dan lain sebagainya untuk mengoptimalkan peringkat toko online Anda di mesin pencari. 
  • Sales Reports 
Dilengkapi dengan brilian sistem analisa dan statistik serta laporan penjualan yang bisa Anda lihat setiap saat. 

Selengkapnya mengenai PrestaShop features bisa anda lihat pada website resmi prestashop disini.


Instalasi dan Fitur -Fitur Phreedom


Phreedom adalah aplikasi open source untuk keperluan Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Cloud Computing. Phreedom merupakan aplikasi yang ditulisan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, sehingga dapat dijalankan di berbagai platform. 

Layanan dan fitur yang disediakan oleh Phreedom diantaranya adalah, accounting berbasis web, manajemen inventory (labor, stok barang/jasa, assemblies/perakitan), akun untuk para vendor dancustomer (pelanggan/konsumen), perbankan, pengiriman (shipping),Point of Sale (kasir), kurs mata uang, pelaporan secara digital, e-commerce, dukungan banyak bahasa, modular architecture untuk kustomisasi, payment gateway, project tracking, serta multi userlevel security.
Phreedom versi terakhir adalah versi 3.5 dan saat ini Project Phreedom sudah digabung dengan Phreebooks dan sudah mencapai versi 3.7 RC 1. Phreedom/Phreebooks dapat diunduh pada halaman ini . Berikut tahap-tahap instalasi Phreedom/Phreebooks.

Langkah pertama adalah pastikan sudah menginstall dan menjalankan XAMPP sebagai server yang digunakan untuk mengakses halaman Phreedom/Phreebooks dalam localhost. Setelah unduh instalasi Phreedom/Phreebooks masukkan file yang sudah di download ke dalam folder xampp\htdocs, dan extract file zip phreebooksR37RC1.zip. dan rename folder dengan nama “phreeboks” agar mudah dalam mengakses alamat localhost.


Buatlah database pada phpMyAdmin http://127.0.0.1/phpmyadmin/ dengan nama database “phreebooks” yang nantinya diperlukan pada saat konfigurasi server Phreedom/Phreebooks.




Pada browser ketikkan alamat http://localhost/phreebooks/install/ maka akan muncul halaman instalasi yang berisi spesifikasi minimum server yang harus dipenuhi dan lisensi GNU GPL. Pilih “Agree” lalu klik continue.




Selanjutnya diarahkan pada halaman pengisian informasi dari perusahaan, server, dan database. Isikan informasi mengenai perusahaan seperti nama perusahaan, username, password, dan email admin. Pada sever information berisi localhost secara default jika anda menginstall local. Lalu database information dapat berisi username dan password untuk mengakses database server dan database name “phreebooks” yang sebelumnya sudah dibuat. Selanjutnya fiscal information adalah keuangan perusahaan anda dihitung dari bulan dan tahun berapa. Setelah memasukkan informasi selanjutnya klik continue dan tunggu beberapa menit proses instalasi terdapat gambar loading yang menandakan proses instalasi berjalan. Maka akan muncul halaman instalasi sukses.




Jika mengalami loading trus atau diarahkan ke blank page maka instalasi tersebut dinyatakan berhasil jika dicek pada database “phreebooks” sudah berisi tabel




Selanjutnya hapus folder “install” dalam folder xampp\htdocs akan diarahkan ke Dashboard dari Phreedom/Phreebooks. Berikut tampilan dashboard Phreedom/Phreebooks




Lalu klik tombol logout dan login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya. Ada banyak menu yang dapat diakses pada Phreedom/Phreebooks yang bertujuan untuk ERP memanagemen Customer, Pegawai, CRM, Inventori, Sales/Invoice, Report, dan masih banyak fitur-fitur dari Phreedom/Phreebooks.






Jika masih bingung dalam menggunakan aplikasi Phreedom/Phreebooks dapat mengakses halaman Help ke alamat ini atau bisa langsung pada setiap fitur/modul yang diberikan




DAFTAR PUSTAKA
[1] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika.
[2] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. E-commerce, E-bussiness dan Mobile Commerce Berbasiskan Opern Source. Bandung: Informatika.

0 komentar:

Posting Komentar