Pages

12 Okt 2015

UML Use Case Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram Smart Payment ( Penjualan Barang )


Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
 
 


     Rancangan sistem merupakan rancangan mekanisme kerja proses-proses yang dilakukan oleh sistem di dalam Sistem Informasi Penjualan Barang  ini.  Rancangan sistem Sistem Informasi Penjualan Elektronik dibuat dengan menggunakan aplikasi Rational Rose 2000 Enterprise Edition yang berbasiskan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari diagram Use Case, diagram Sequence, dan kelas diagram.Di bawah ini diterangkan rancangan Sistem Informasi Penjualan Barang selengkapnya.


2.1   Diagram Use Case 
Gambar Diagram Use Case
Diagram Use Case di atas menunjukkan Actor yang terlibat di dalam Sistem Informasi Penjualan Barang ada 3 Actor yang masing-masing mempunyai hak sebagai berikut :
1.      Petugas (User)
Petugas sangat berperan penting dan terlibat langsung pada semua proses yang terjadi termasuk pengaturan data user,
*Login
Untuk dapat melalukan proses-proses lainnya, maka terlebih dahulu, petugas (user) harus masuk ke dalam sistem melalui validasi user id dan password pada login, agar keamanan data lebih terjamin.
            *Input Data
Pada proses ini, petugas (user) dapat melakukan penginputan, pengeditan, dan penghapusan data barang yang akan tersimpan pada tabel barang.
*Laporan
Pada proses ini, petugas (user) dapat melakukan pembuatan laporan data penjualan barang yang terjual serta stok barang yang tersisa, yang kemudian laporan akan di serahkan kepada pemilik toko.
*Transaksi
Pada proses ini, petugas (user) dapat melakukan penginputan, dan penghapusan data transaksi penjualan yang akan tersimpan pada tabel penjualan serta dapat melakukan proses pembayaran dengan rincian data barang yang di beli customer yang kemudian akan di cetak menjadi sebuah bukti pembayaran (struk).
2.      Costumer
Costumer mrupakan pembeli suatu barang atau konsumen yang membeli barang dan malakukan proses transaksi pembayaran. Di dalam sistem ini, Costumer atau pembeli tidak terlibat langsung di dalam sistem. Costumer hanya dapat mengetahui informasi tentang barang yang akan dibeli dan transaksi atau bukti pembayaran (struk).
3.      Pemilik
Pemilik merupakan orang yang memiki apotek atau perusahaan tersebut yang berperan penting juga, karena pemilik juga dapat melakukan proses login seperti petugas dan dapat melihat laporan data penjualan secara langsung serta dapat mengetahui data stok barang yang tersedia secara langsung di dalam sistem maupun diluar sistem (print out laporan).
2.2         Diagram Sequence
1). Login Petugas
Gambar DiagramSequensial Login Petugas
Pada proses ini pertama kali yang harus dilakukan petugas untuk dapat masuk kedalam system adalah dengan melakukan login terlebih dahulu, petugas harus mengisi user id dan password agar dapatmasukkesistem, yang kemudian system akan mengecek danakan menampilkan apakah user id atau password yang di isi benar atau salah
2). Login Pemilik
Gambar Diagram Sequensial Login Pemilik
Proses yang sama juga dilakukan oleh pemilk, pertama kali yang harus dilakukan pemilik apabila ingin masuk ke dalam system adalah dengan melakukan login terlebih dahulu, pemilik harus mengisi user id dan password agar dapat masuk kesistem, yang kemudian system akan mengecek dan akan menampilkan apakah user id atau password yang di isi benar atau salah.
              3). Input Data
Gambar DiagramSequensial Input Data
Proses iniadalah proses lanjutandari login, setelah petugas dapat masuk ke system petugas dapat melakukan proses input data, petugas pertama kali memilih penginputan data barang elektronik perjenis yang selanjutnya masuk ketampilanatau form data elektronik atau nama barang elektronik apa saja yang akan di input yang kemudian system akan mengecek dan menyimpanny aserta menampilkan apakah data barang elektronik sudah lengkap atau belum.
           4). Transaksi
Gambar DiagramSequensialtransaksi
Padadasarnya, diagram sequensial merupakan perincian proses dariusecase diagram,  seperti yang dapat kita lihat pada di atas, untuk melakukan proses yang ada pada system ini, maka diperlukan sebuah kontrol.   Kontrol menjadi jembatan antara form dengan entity(tabel) yang digunakan.  Dapat dilihat bahwa, setelah form input data transaksi penjualan tampil, maka petugas (user) menginputkan id barang maka kontrol akan mengambil data dari entity barang dan ditampilkan pada form transaksi penjualan.  Kemudian petugas menginputkan jumlah barang yang akan dibeli serta harga elektronik yang dibeli maka kontol akan mengecek atau menghitung jumlah pembayaran yang harus dibayar oleh costumer. Setelah itu baru akan diadakan pentotalan harga pembelian dan akan ditampilkan ke form data pembayaran.
5). Laporan
Gambar DiagramSequensialLaporan
Proses ini adalah proses akhir yang dilakukan oleh petugas, setelah petugas melakukan proses input data dan trnsaksi maka petugas akan melakukan proses pembuatan laporan data penjualan, pertama kali petugas akan memilih menu utama kemudian akan tampil form laporan, lalu pilih laporan data barang elektronik, form laporan data barang akan di tampilkan kepada petugas yang kemudian akan di cetak menjadi sebuah laporan (print).
2.3 Diagram Class
Gambar  Diagram  Class

Keterangan :
Pemilik membuat  user _id dan password untuk Petugas
Petugas melakukan  input  data  barang
Data  barang mengahasilkan laporan
Petugasmelakukan input  data  penjualan pada saat melakukan penjualan
Serta melakukan  update  stock  barangpada  data  barang
Petugas mencetak struk/kwitansi penjualan
Data  penjualan barang menghasilkan laporan.

2 komentar: