Pages

13 Sep 2015

E-Commerce,Mobile Commerce, dan E-Business

Nama : I Komang Adyanata
NIM : 1404505037
Jurusan : Teknologi Informasi, F.Teknik, Univ.Udayana
Mata kuliah : E - Application
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

E-Commerce

E-Commerce
Menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faxmail, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di internet, surat obligasi online, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lainnya. Untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:

  • Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama. 
  • Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama. 
  • Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data. 
  • Model yang umum digunakan adalah peer to peer. 
2. Business to Consumer, karakteristiknya:
  • Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula. 
  • Servis yang digunakan juga bersifat umum dan berdasarkan permintaan, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak. 
  • Sering dilakukan sistem client-server.

Mobile Commerce

  M-Commerce/Mobile-Commerce/mCommerce adalah sistem perdagangan elektronik (E-Commerce) dengan menggunakan peralatan portabel/mobile seperti:telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, dan lain lain. Pada saat pengguna komputer berpindah dari satu tempat ke tempat lain pengguna komputer tersebut dapat melakukan transaksi jual beli produk di Internet dengan menggunakan sistem m-commerce ini. Selain m-commerce, istilah lain yang sering dipakai adalah m-bisnis (Mobile Business atau m-business). m-commerce merupakan gabungan dari perdagangan elektronik (e-commerce) dengan mobile computing. Bisa dikatakan bahwa m-commerce ini adalah e-commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel. Seperti halnya e-commerce pada umumnya, penggunaan m-commerce bisa ditransaksikan melalui Internet, jaringan komunikasi pribadi, kartu pintar, dan infrastruktur lainnya.

E-Business

     E-Business atau electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan transaksi. Salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet dan ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM. Ruang lingkup E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. E-commerce merupakan bagian tak terpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce berbeda karena hanya sebatas kegiatan menjual dan membeli produk dalam internet shopping.

0 komentar:

Posting Komentar